Selasa, 17 Desember 2013

Jual Besek Bambu

besek bambu mikaAnda tentu pernah melihat kemasan makanan yang berasal dari bahan baku bambu bukan?  Kemasan makanan yang seperti ini sangat melegenda dalam dunia kuliner di negeri ini. Tempat makanan dengan jenis ini sangat sering digunakan pada zaman dahulu untuk membungkus makanan dalam jumlah yang banyak. Sebagian besar pengusaha makanan menggunakan tempat makanan ini karena tempat makanan dengan bahan bambu ini merupakan tempat makanan yang kuat untuk diisi makanan hingga penuh. Kemasan besek bambu tersebut juga tak mudah rusak ketika ditumpuk dengan kemasan besek lainnya. Dengan hal ini makanan yang mereka produksi juga tak akan mudah rusak karena didukung dengan wadah yang digunakannya memiliki kualitas yang kuat. Besek bambu merupakan wadah makanan yang memiliki nilai seni yang tinggi, karena terbuat dari anyaman bambu yang sangat rumit dan dibentuk dengan bentuk kubus yang di dalamnya siap untuk diisi makanan dengan jumlah yang banyak.

Nilai seni yang muncul dari besek bambu ini juga membuat banyaknnya tempat yang jual besek bambu ramai dikunjungi banyak pembeli pada zaman dahulu. Oleh karena itu pada zaman dahulu kita sering menemukan tempat produksi berbagai macam anyaman bambu dan tempat yang jual besek bambu di berbagai daerah. Namun seiring berjalannya waktu, budaya menggunakan besek bambu sebagai tempat yang digunakan untuk wadah makanan mulai ditinggalkan masyarakat modern. Sehingga pada saat ini kita sangat jarang menemukan para pengrajin bambu yang biasanya ada pada tiap desa. Selain itu kita juga jarang menemukan lagi adanya tempat yang jual besek bambu pada tiap daerah. Tentu akan membutuhkan pengorbanan yang lebih, ketika suatu barang yang kita cari kini sudah jarang diproduksi oleh para pengrajinnya. Besek bambu kini memang sudah tak seperti dahulu lagi persebarannya, namun masih ada sisa – sisa kejayaan dari produk yang berasal dari bambu lainnya yaitu berbagai jenis anyaman bambu lainnnya.

Bagi sebagian orang, melestarikan budaya merupakan hal yang sangat wajib dilakukan sebagai insan suatu negeri yang memiliki banyak budaya. Termasuk menggunakan besek bambu sebagai budaya yang telah dilakukan oleh orang – orang pada zaman dahulu sewaktu memiliki hajatan besar. Oleh karena itu, hal tersebut sangat baik dilakukan oleh orang – orang pada zaman sekarang agar budaya yang kita miliki tak luntur termakan zaman yang serba praktis ini. Budaya menggunakan besek bambu sebagai tempat makanan memang masih ada pada beberapa daerah, namun penggunaannya tak sepopuler pada zaman dahulu kala ketika barang – barang yang mempunyai konsep yang praktis belum masuk ke negeri ini. dalam sebuah acara pesta, dahulu selalu menggunakan besek yang terbuat dari bambu ini untuk meletakkan makanan yang nantinya dapat digunakan untuk bingkisan. Oleh sebab itu pada zaman dahulu seringkali tempat yang jual besek bambu sangat ramai dikunjungi pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar