Selasa, 17 Desember 2013

Souvenir Anyaman Bambu

souvenir besek bambu Kini barang – barang yang berasal dari bahan baku bambu sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat karena barang tersebut terkesan kuno. Padahal seni menganyam bambu merupakan kesenian tradisional yang merupakan peninggalan dari orang – orang tua. Dengan memudarnya budaya seni menganyam bambu, maka barang yang terbuat dari anyaman bambu ini sudah sangat sulit didapatkan ketika kita ingin beusaha untuk melestarikan budaya masyarakat kita yang senantiasa menggunakan perabot yang berasal dari anyaman bambu. Bagi sebagian orang memang sengaja memunculkan kembali budaya menggunakan desain anyaman bambu dalam berbagai produk yang mereka gunakan. Dengan kondisi tersebut, kini perlahan anyaman bambu mulai digemari oleh orang – orang. Salah satu upaya seseorang melestarikan budaya tersebut adalah dengan menggunakan anyaman bambu pada piring saji yang sering kita lihat pada warung – warung makan dengan konsep yang sederhana.

Di lain pihak, ada lagi sebagian orang yang berupaya untuk melestarikan penggunaan anyaman bambu untuk keperluan sehari – hari. Mereka menggunakan ide kreatif mereka yang menyulap anyaman bambu menjadi suatu souvenir yang dapat digunakan sebagai cinderamata untuk seseorang ataupun untuk keperluan pesta. Souvenir anyaman bambu memang masih jarang diproduksi oleh para pengrajin, namun hal ini tentu sangat menggembirakan bagi sebagian besar orang yang mencintai budaya negeri karena setidaknya ada orang yang masih peduli dengan pemanfaatan anyaman bambu dan mengubahnya menjadi souvenir anyaman bambu. Dengan ide yang sangat cemerlang tersebut para pengrajin anyaman bambu telah berupaya untuk mempopulerkan lagi barang – barang seni berupa anyaman bambu ini.

Souvenir anyaman bambu mempunyai berbagai macam variasi yang dapat kita gunakan untuk keperluan sehari – hari. Souvenir anyaman bambu itu akan terlihat sangat unik karena barang bernilai seni tersebut merupakan barang yang mempunyai banyak fungsi untuk keperluan sehari – hari. Kita dapat memberikan souvenir berupa taplak meja yang terbuat dari anyaman bambu yang tentunya memiliki nilai seni yang tinggi dibandingkan taplak meja yang terbuat dari bahan lain. Selain itu dapat juga kita memberikan souvenir sebuah alas makan atau yang biasa disebut platemate yang terbuat dari anyaman bambu pada para tamu undangan pesta pernikahan. Souvenir tersebut tentu akan sangat berkesan bagi para tamu undangan karena berbeda dengan yang souvenir – souvenir yang lain yang biasa digunakan oleh orang lain ketika menyelenggarakan sebuah pesta.

Souvenir yang terbuat dari anyaman bambu tentu akan memiliki nilai seni yang tinggi serta tergolong pada buah karya yang unik. Souvenir yang memiliki berbagai macam fungsi tersebut dapat dipesan dengan berbagai macam desain sesuai kebutuhan dan keinginan para pembelinya. Biasanya para pengrajin souvenir anyaman bambu mampu menyelesaikan pesanan tersebut selama seminggu, tergantung dari rumitnya desain dan banyaknya pesanan. Harga souvenir tersebut juga disesuaikan dengan tingkat kerumitan desain serta ukurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar